KISI-KISI SOAL SEMESTER
GENAP KELAS VIII TP. 2012/2013
SEKOLAH : SMP JUMLAH SOAL : 50
MATA PELAJARAN : PKn Kisi-Kisi PKN kelas SMP kelas 8 BENTUK SOAL : Pilihan Jamak
KURIKULUM : KTSP PENYUSUN :
ALOKASI WAKTU : 90 Menit
No
|
Standard Kompetensi
|
Kopetensi Dasar
|
Kelas/Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
4
|
Memahami
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
4.1
Menjelaskan hakekat demokrasi
|
VIII/genap
|
Demokrasi dalam
berbagai aspek kehidupan
|
Peserta didik
dapat menunjukkan
pengertian
demokrasi
Peserta didik
dapat Menunjukkan
sejarah
perkembangan demokrasi
Peserta didik
dapat Menunjukkan jenis-jenis demokrasi
Peserta didik
dapat menetukan
macam-macam
demokrasi
Peserta didik
dapat menunjukkan
pengertian
demokrasi liberal
Peserta didik
dapat menunjukkan
arti demokrasi
pancasila
Disajikan
pernyataan tentang unsur-unsur penegak demokrasi. Peserta didik dapat
menunjukkan unsur-unsur penegak demokrasi.
Peserta didik
dapat menunjukkan
ciri-ciri pokok
negara demokrasi
Peserta didik
dapat menetukan asa-asa negara demokrasi
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
|
|
4.2 Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
|
Demokrasi dalam
berbagai aspek kehidupan
|
Peserta didik
dapat menunjukkan
syarat-syarat
negara demokrasi
Peserta didik
dapat menunjukkan
pengertian
demokrasi
Peserta didik
dapat menunjukkan
pentingnya
kehidupan demokrasi
Peserta didik
dapat meunjukkan
contoh
kehidupan demokrasi dalam lingkungan sekolah
Peserta didik
dapat menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi pancasila
sebagai dasar melaksanakan demokrasi di
Indonesia
Peserta didik
dapat menunjukkan
nilai-nilai
keadilan sosial bagi
seluruh rakyat
Indonesia dalam demokrasi pancasila
Peserta didik
dapat menetukan ciri-ciri dan demokrasi pancasila
Peserta didik
dapat menunjukkan
dasar hukum
pelaksaanaan demokrasi pancasila
Peserta didik
dapat menunjukkan
prinsip-prinsip
demokrasi pancasila
Peserta didik
dapat menunjukkan
asa-asa pokok
demokrasi pancasila
|
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
|
|
Memahami
kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia
|
4.3 Menunjukkan sikap pisitif terhadap
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan
5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
|
|
Pengertian
Kedaulatan
Macam-macam
Kedaulatan Keluar dan Kedalam
Teori
Kedaulatan
|
Peserta didik
dapat menunjukkan
cara
pengambilan keputusan dalam demokrasi pancasila
Disajikan
pernyataan tentang sikap
positif
demokrasi dalam kehidupan politik. Peserta didik dapat menunjukkan sikap
positif demokrasi dalam kehidupan politik.
Peserta didik
dapat menunjukkan
manfaat
kehidupan berdemokrasi
Peserta didik
dapat menunjukkan
prinsip-prinsip
demokrasi
Peserta didik
dapat menunjukkan
tentang hak dan
kewajiban warga negara
Peserta didik
dapat menunjukkan
lembaga-lembaga
perwakilan rakyat yang ada di Indonesia
Peserta didik
dapat menunjukkan
tentang budaya
demokrasi
Peserta didik
dapat menjelaskan
pengertian
kedaulatan
Peserta didik
dapat menunjukkan
contoh-contoh penerapan kedaulatan
Kedalam maupun Keluar
Peserta didik
dapat menunjukkan
penganjur teori
kedaulatan Tuhan
|
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
|
|
|
5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan
Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat
|
|
Pengertian
Rakyat Warga Negara, Penduduk, Bangsa dan Negara
Sifat-sifat
Kedaulatan
Kedaulatan yang
dianut bangsa Indonesia
Kedaulatan
rakyat dan sistem pemerintahan Negara Indonesia
|
Peserta didik
dapat menunjukkan
kedaulatan
negara yang menganut
teori kedaulatan
negara.
Peserta didik
dapat menunjukkan
pengertian
rakyat.
Peserta didik
dapat menunjukkan
sifat-sifat
kedaulatan
Peserta didik
dapat menunjukkan
sifat-sifat kedaulatan.
Peserta didik
dapat menunjukkan
kedaulatan yang
dianut menurut
pasal 1 ayat
(2) dan pasal 1 ayat(3)
UUD 1945.
Peserta didik
dapat menunjukkan
kedaulatan yang
dianut menurut
pasal 1 ayat
(2) dan pasal I ayat(3)
UUD 1945.
Peserta didik
dapat menentukan
sistem
pemerintahan presidensial
dengan
perlementer.
Peserta didik
dapat menentukan
sistem
pemerintahan presidensial
dengan
perlementer.
Peserta didik
dapat menentukan
sistem pemerintahan
indonesia
Peserta didik
dapat menentukan
sistem
pemerintahan indonesia
|
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
|
|
|
5.3 Menunjukkan sikap positif terhadap
kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
|
|
Dapat
menerapkan sikap positif kedaulatan rakyat dalam lingkungan sekolah.
Menuliskan
kembali pengertian Parpol
Tujuan Parpol
|
Peserta didik
dapat menunjukkan
macam-macan
teori kedaulatan
rakyat.
Peserta didik
dapat menunjukkan
macam-macan
teori kedaultan
rakyat
Peserta didik
dapat menunjukkan
perbedaan
sistem pemerintahan
Presidensil dan
Parlementer.
Peserta didik
dapat menunjukkan
perbedaan
sistem pemerintahan
presidensil dan
parlementer.
Peserta didik
dapat menentukan
sistem pemerintahan
indonesia
Peserta didik
dapat menentukan
sistem
pemerintahan indonesia
Peserta didik
dapat memberikan
contoh sikap
positif terhadapap
kedaulatan
rakyat dalam lingkungan sekolah.
Peserta didik
dapat memberikan
contoh sikap
positif terhadap
kedaulatan
rakyat dalam lingkungan sekolah.
Peserta didik
dapat menentukan pemilihan Presiden secara langsung.
|
40
41
42
43
44
45
46
47
48
|
|
|
|
|
Fungsi Parpol
Membangun sikap
positif terhadap kedaulatan rakyat dalam pemerintahan Indonesia
|
Peserta didik
dapat menunjukkan
fungsi Parpol
Peserta didik
dapat menunjukkan
sikap positif
terhdapap kedaulatan
Rakyat dalam
sistem Pemerintahan
Indonesia dalam
lingkungan
kenegaraan
|
49
50
|
Hunting dulu :D
BalasHapus